Tanaman buah-hias-perlengkapan

Tanaman buah-hias-perlengkapan
omah ijo nursery

Senin, 14 Januari 2013

PERAWATAN TANAMAN HIAS DIMUSIM HUJAN

ada yang bertanya pada saya masalah perawatan tanaman hias saat musim hujan,...mungkin ada sedikit tips yang bisa saya berikan pada anda :
lembab,..indentik dengan musim hujan, tanaman tertentu tidak akan suka dengan keaadaan seperti ini,...seperti Aglonema, Pylo, Anthurium sampai anggrek .
1. untuk tanaman yang lunak dan mudah busuk seperti Aglonema ganti media dengan yang bersifat Porous seperti Pasir malang, sekam bakar, pakis, dengan perbandingan 2 : 1 : 1,...dan ditambahkan fungisida karena kelembapan akan cepat mengundang jamur yang menjadikan akar mudah busuk
2. untuk Anggrek (kecuali jenis Vanda karena tak memerlukan Media) kurangi penggunaan pakis,atau Moss,..bisa diganti dengan Arang karena saat musim hujan pakis atau moss akan lebih banyak menyerap air.
3. semprot tanaman satu bulan dua kali dengan fungisida, jika intensitas hujan sangat tinggi
4. kurangi pemupukan yang kandungan N nya tinggi ( terutama yang aplikasinya dengan jara disemprot) karena akan memudahkan busuk daun, untuk gantinya gunakan pupuk slow release seperti Dekastar.
5. jika saat cuaca cerah jemur sebentar untuk mengeringkan media
6. pada pot beri lubang tambahan agar drainase pada pot lebih lancar dan tidak terlalu banyak menyimpan air.
Nah selamat mencoba...maaf ya jika tulisan ini masih ada yang kurang dan mungkin ada yang ga pas mohon diberi masukan ke Blog ini,...biar sempurna dikitlah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar